Prodi Agribisnis Gelar Workshop Kurikulum Berbasis OBE (Outcome-Based Education)

02 August 2022

Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah pendidikan berbasis capaian atau Outcome-Based Education (OBE). OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Dalam penerapannya, OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan mulai dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pembelajaran dan asesmen, serta lingkungan/ekosistem pendidikan.

 

Prodi Agribisnis FP Universitas Andalas mengadakan workshop kurikulum berbasis OBE (Outcome-Based Education) pada hari Selasa, tanggal 02 Agustus 2022. Mengangkat tema “Perumusan Performance Indicator (PI), PEO (Program Educational Objectives) dan CPL/ELO (Educational Learning Outcome)”, dengan mengundang Narasumber kompeten dibidangnya yaitu Ir. Jonrialdi, Ph.D, IPU, ASEAN Eng, ESLog yang merupakan Duta Kampus Merdeka (DKM) Dikti Area Sumbar, dan Tim Kurikulum Inti BKSTI Pusat.

 

Workshop diawali dengan penyampaian materi dari narasumber tentang Penyusunan Profil Lulusan, Capaian Pembelajaran dan Indikator Kinerja (Performance Indicator) mengacu pada Kurikulum berbasis OBE kemudian pada sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi narasumber bersama dosen Prodi Agribisnis terkait bagaimana strategi dan pengaplikasiannya pada Prodi Agribisnis.

          

Pada sesi akhir dihasilkan draft  Profil Lulusan Prodi Agribisnis  mengacu pada PEO (Program Educational Objectives) dan ELO (Educational Learning Outcome) yang kemudian akan disempurnakan oleh Tim Revisi Kurikulum Prodi Agribisnis. Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kurikulum Prodi Agribisnis,  menghasilkan para lulusan yang berkompeten di dunia kerja dan persiapan menuju akreditasi atau sertifikasi internasional.

Read 636 times