Dosen Departemen Sosial Ekonomi Pertanian mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional

06 August 2022

Padang - Lima Dosen Departemen Sosial Ekonomi yaitu Nuraini Budi Astuti, SP MSi, Dr. Rini Hakimi, SP, MSi, Dr. Yenny Oktavia, MSi,  Yuerlita , SSi, MSi, PhD dan Dr. Widya Fitriana, SP, MSi, terpilih mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh, Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi bekerja sama dengan Universitas Baiturrahmah. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah publikasi dan meningkatkan kemampuan para dosen/peneliti perguruan tinggi dalam menulis artikel ilmiah yang memenuhi standar baku.

 

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 4-6 Agustus 2022 di Hotel Santika Premiere Padang.  Kegiatan pelatihan menghadirkan para narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dalam penulisan artikel ilmiah baik skala nasional maupun internasional. Narasumber pada pelatihan ini antara lain Prof. Dr. Ir. Dian Fiantis, MSc (Unand),   Dr.Eng. Ir. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng., IPM (UGM), Prof. Siti Nurmaini, Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc. Ed., Ph.D (Unja), Prof. Jaka Sriyana, S.E., M.Si., Ph.D (UII), Prof. Achmad Nizar Hidayanto (UI), Dr. M zudhy Irawan dan Prof Ari Widyanti.

 

Materi -materi pelatihan yang diberikan pada hari pertama antara lain a) Kebijakan Program Jurnal dan Publikasi pada Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, b) Etika Penulisan Artikel Ilmiah, c). Evaluasi Diri Naskah dan Menakar Kebaruan Hasil Penelitian, d) Memahami Gaya Selingkung dan Petunjuk pada Jurnal yang Dipilih. Materi hari kedua, antara lain a) Judul, Baris Kepemilikan, Abstrak dan Kata Kunci, b) Pendahuluan, Pendekatan dan Metode, c) Hasil, Pembahasan dan Simpulan , d) Ilustrasi (Tabel dan Grafik) , e) Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penulisan Artikel Ilmiah dan Strategi Pemilihan Berkala, f) Kebahasaan Artikel Ilmiah  dan ditutup dengan pendampingan. Kegiatan hari ketiga yaitu penyampaikan hasil perbaikan naskah peserta pelatihan oleh para narasumber dan tim pelaksana.

Read 968 times