+ Prodi : Agribisnis

        + Status : Alumni

        + Tahun Masuk : 2012

Ikhtiar doa dan tawakal menjadi motto hidup laki-laki kelahiran Kota Sungai Penuh 25 Desember 1994. Alvindo Dermawan yang lebih dikenal dengan sapaan Alvin atau Vindo memiliki keyakinan bahwa setiap ikhtiar doa dan tawakal yang dijalani beriringan akan membuahkan hasil yang bukan kita inginkan tetapi InsyaAllah yang sangat kita butuhkan. Keyakinan bahwa Allah SWT lah yang selalu mempunyai jalan yang terbaik untuk hambanya. Alvindo merupakan anak ke 5 dari 7 bersaudara dari pasangan Arsimal dan Darhaniar. Sebagai alumni Program Studi Agribisnis Unand yang masuk pada tahun 2012, Alvindo telah diwisuda pada periode 2 tahun 2016 dan berhasil menyabet penghargaan bintang aktivis kampus tingkat Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Saat ini Alvindo menjalani statusnya sebagai mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Ekonomi Pertanian Universitas Andalas dengan jalur fasttrack.

Kiprah Alvindo semasa kuliah dimulai ketika menjadi salah satu delegasi Prodi Agribisnis Universitas Andalas dalam Lomba Karya Tulis Nasional (LKTI) tingkat Sumatera tahun 2013. Selain itu Alvindo juga telah mengikuti banyak organisasi baik di dalam maupun luar kampus. Berawal dari organisasi Asosiasi Mahasiswa Asrama (AMA) sebagai ketua divisi vokal, sekaligus ketua panitia Pentas Seni Mahasiswa Asrama pada kepengurusan AMA periode 2012-2013. Selain di Asrama Alvindo juga mengawali organisasinya di Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGI-FP Unand). Tahun pertama sebagai staff divisi penalaran periode 2012-2013. Selanjutnya menjadi kepala divisi penalaran periode 2013-2014. Setelah lengser sebagai kepala divisi, Alvindo dipercaya menjadi anggota Badan Pengawas Himpunan (BPH HIMAGRI-FP Unand) pada tahun 2015-2016. Selain aktif di HIMAGRI Alvindo juga aktif di organisasi nasional yang menghimpun seluruh Himpunan Mahasiswa Agribisnis Se-Indonesia yaitu Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI). Pada tahun 2014 Alvindo terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah Sumatera (DPW 1 POPMASEPI) yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2016. Selain organisasi di dalam kampus Alvindo juga aktif mengikuti organisasi di luar kampus seperti Organisasi Kaum Dhuafa Sumatera Barat.

Aktivitas semasa kuliahnya dihabiskan dengan organisasi dan menjadi asisten dosen di beberapa matakuliah seperti (Manajemen Usahatani, Agribisnis dan Kewirausahaan, Kewirausahaan Sosial dan Teknologi, Pemasaran Agribisnis, Ilmu Kependudukan, Pengantar Ilmu Pertanian, Manajemen Operasional Agribisnis, Perilaku Konsumen, PPSDM, dan Statistika Sosial Ekonomi). Alvindo juga aktif dalam tutorial kepada mahasiswa yang akan mengadakan ujian yaitu sebagai tutor mata kuliah Matematika Agribisnis, Akuntansi Agribisnis, Riset Operasi, Analisa Kelayakan Agribisnis, dan Ekonomi Agribisnis. Menjalani banyak aktivitas tidak membuat Alvindo keteteran dalam kuliahnya. Terbukti Alvindo mampu menyelesaikan kuliahnya dengan waktu kurang dari 4 tahun yaitu 3 tahun 8 bulan dengan predikat lulus sangat memuaskan. Setelah menyelesaikan studi S1 dan lanjut studi S2, Alvindo juga masih aktif dibeberapa kegiatan kampus seperti menjadi panitia seminar nasional, Asisten Dosen, dan enumerator penelitian dosen. Selanjutnya Alvindo juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Sumatera Barat dalam pembuatan buku statistik pariwisata 2015. Pada organisasi Alumni yang baru dibentuk Februari 2017 lalu Alvindo dipercaya sebagai staff litbang Ika Sosek FP-Unand. Menjelang re-akreditasi Program Studi Agribisnis, Alvindo termasuk dalam tim akreditasi Prodi Agribisnis Unand 2017. Selain itu, Alvindo aktif di komunitas sosial yang bernama Friday Movement Community sebagai ketua umum.

 

Edited by :

Admin

Statistik Kunjungan

212287
Today
This Week
This Month
All days
620
12107
40201
212287