Prodi : Agribisnis

Tahun Masuk : 2012

Prestasi : BAK Fakultas Pertanian Universitas Andalas Wisuda II Tahun2017

Rifandi merupakan anak pertama dari 3 bersaudara pasangan Eko Prasetyo dan Arnida Hirawati. Rifandi yang akrab di sapa Fandi atau komting ini dilahirkan di Jambak, Pasaman Barat pada tanggal 04 Mei 1994. Fandi menempuh pendidikan Sekolah Dasar Negeri 57 Simpang Tiga, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Luhak Nan Duo dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Luhak Nan Duo. Saat ini Fandi telah menyelesaikan studinya dengan memperoleh gelar Sarjana Pertanian (S.P) pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Kiprah Fandi dikampus bermula ketika ia diamanahkan sebagai Komisaris Tingkat (Komting) Angkatan 2012. Pada saat yang bersamaan Fandi ditunjuk sebagai ketua pelaksana buka puasa bersama antar Angkatan Program Studi Agribisnis yang bertempat di Mesjid Nurul Ilmi Universitas Andalas. Acara tersebut juga dihadiri oleh Staf dan Dosen Prodi Agribisnis. Kiprah Fandi lainnya pada Bina Bakat Minat dan Kepemimpinan (BBMK) menjadi peserta terbaik di Unit Kegiatan Seni (UKS FP Unand) karena penampilannya dalam bermain sulap pada penutupan BBMK tersebut. Selanjutnya Fandi dipercaya untuk bermain sulap pada acara Agrinative 11 di Taman Budaya Padang. Kemampuan Fandi dalam bermain sulap membuat ia dipercaya untuk tampil pada acara pelepasan wisuda yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI FP Unand). Selain memiliki kemampuan psikomotorik yang baik, Fandi juga memiliki kemampuan akademik yang mumpuni di Kampus. Terbukti dengan ia mendapatkan Beasiswa Prestasi PPA selama 1 tahun pada tahun 2013 dan dilanjutkan dengan Beasiswa Prestasi dari Yayasan Salim selama 2 tahun pada tahun 2014 – 2016.

Selama masa perkualiahan Fandi aktif dalam kegiatan Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRI FP Unand) dan menjabat sebagai wakil ketua umum pada periode 2014 – 2015. Pada akhir kepengurusan himpunan Fandi ditunjuk sebagai ketua pelaksana Agribisnis In Action 2015 dan sukses dalam kegiatan tersebut. Setahun setelahnya Fandi menjabat sebagai Badan Pengawas Himpunan periode 2015 – 2016.  Tidak hanya aktif di internal himpunan, Fandi juga aktif di ekternal himpunan dengan menjadi ketua rombongan delegasi Universitas Andalas pada kegiatan Bina Desa di Gampong Jaboi Sabang Indonesia pada acara POPMASEPI tingkat Sumatera.   

Selain aktif di dalam kampus Fandi juga di luar kampus dan sejak tahun 2012 sampai sekarang Fandi aktif dalam salah satu komunitas club motor terbesar di Indonesia yaitu Byson Yamaha Owner Indonesia Club (Byonic) dan tergabung di wilayah Padang. Karena Fandi memiliki hobby bidang otomotif. Saat ini Fandi dipercaya sebagai Sekretaris/Bendahara wilayah Sumatera Barat. Selanjutnya pada tahun 2012 – 2014 aktif dalam komunitas Asosiasi Pesulap Padang (APP) dan ikut berpartisipasi dalam event event di acara besar di kota Padang.