Visitasi Hari Kedua Tim Asesor BAN PT Re-Akreditasi Program Studi Agribisnis

09 June 2017

Sedang berlangsung visitasi dari Tim Asesor BAN PT di Program Studi Agribisnis dalam rangka re-akredistasi program studi. Kegiatan hari kedua ini, melibatkan alumni dan mahasiswa aktif program studi agribisnis.

Maksud dari kegiatan hari kedua ini adalah untuk melihat kompetensi yang telah diberikan jurusan kepada mahasiswa dan hubungannya terhadap dunia kerja dan dunia profesional. Untuk suksesnya kegiatan hari ini program studi mengundang alumni-alumni yang tergabung kedalam IKA SOSEK serta menghadirkan mahasiswa-mahasiswa aktif di program studi.

Kegiatan visitasi Hari Kedua ini dilaksanakan dengan diskusi yang dipimpin oleh asesor Prof. Sitti Bulkis dan Prof. Dwi Putra Darmawan langsung. Asesor memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada mahasiswa dan alumni mengenai bagaimana pengaruh kegiatan perkuliahan dengan kehidupan kerja yang akan dihadapi mahasiswa dan yang telah dihadapi alumni. Dalam perkuliahan tentu saja akademik diperlukan, tetapi pengasahan softskill dan keterampilan lainnya tidak akan didapatkan dari perkuliahan dikelas saja, tetapi harus dicari melalui organisasi, pengalaman bekerjasama dengan dosen serta kegiatan lainnya yang bersifat non akademik, ungkap salah seorang alumni. Alumni-alumni agribisnis atau yang dulu nya disebut SOSEK banyak yang berkarir di bidangnya dan banyak pula yang berkarir di luar bidangnya. Asesor pun mengakui bahwa alumni agribisnis telah banyak berkiprah di kancah regional maupun nasional. Seperti di pemerintahan, Walikota padang adalah alumni agribisnis yaitu Bp H. Mahyeldi A, S.P, alumni lain yang di Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD juga berperan penting yaitu Bp Muhammad Irsyad sebagai Dirut dari Bank Nagari. Kiprah-kiprah alumni diakui baik oleh tim asesor.

Selanjutnya untuk kemahasiswaan, asesor juga menanyakan bagaimana kegiatan perkuliahan dan matakuliah yang terasa manfaatnya bagi mahasiswa, dijelaskan salah seorang mahasiswa bahwa perkuliahan di agribisnis memberikan manfaat yang sangat baik, menempa mahasiswa untuk selalu lebih baik dan memiliki kekampuan lebih dibandingkan kemampuan mahasiswa dari jurusan lainnya, seperti kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat, karena sudah terbiasa melaksanakan tugas kuliah yang melibatkan petani.

Banyak sisi baik harus dipertahankan yang digali oleh asesor, ada juga beberapa saran dan masukan yang diberikan oleh alumni untuk di data oleh asesor seperti peningkatan kemampuan bahasa asing oleh mahasiswa yang difasilitasi oleh program studi melalui pengadaan matakuliah yang menunjang untuk kemampuan bahasa asing.

Terimakasih kepada alumni dan mahasiswa yang telah menyukseskan kegiatan hari ini, semoga akreditasi A tertulis di transkrip nilai kita. Amiin.

 

Read 555 times

Statistik Kunjungan

330618
Today
This Week
This Month
All days
891
3093
13298
330618