04 September 2018

(03/09) Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Andalas mengadakan Seminar Lokakarya bersama Prof Koichi Ikegami dari Kindai University, Japan (Chairman of International Rural Sociology Association / IRSA) dengan tema: "Trend and Issues Related to New Agriculture". Seminar ini di ikuti oleh para dosen, mahasiswa/i hingga alumni Sosek Pertanian Unand.  

Prof. Koichi Ikegami menjelaskan bahwa Jepang melakukan transformasi model baru dalam dunia pertanian. Perubahan dalam strategi dasar MNCs dalam sistem pangan agribisnis terdiri atas : 1) Tradisional: ada kontrol kekuatan pasar dengan konsentrasi terhadap berbagai komoditas + produksi produk secara massal sesuai standar yang sudah ditetapkan. 2) Berorientasi pada kebijakan pangan: kekuatan pada informasi dan kebijakan + diversifikasi dari berbagai sektor atau perpanjangan untuk keuangan dan asuransi, hingga keuangan dimasa depan. 3) Peninjauan kembali strategi pasar global sesuai dengan perubahan dalam hal perdagangan produk pertanian. Organisasi yang mengelola pangan secara global (GATT UR, WTO, FTA). Di Jepang, pertanian desa menyokong kebutuhan kota besar, melalui rantai distribusi pemasaran yang diperpendek sehingga hasil panen pagi hari dapat dinikmati warga kota sore hari, kemudian harga produk pertanian terkontrol, teknologi pertanian canggih, hingga perhatian pemerintah yang juga sangat tinggi terhadap pertanian, pemerintah memberikan subsidi pada produk-produk tertentu yang dianggap potensial. Selain subsidi saprodi, pemerintah juga sangat mendukung dalam hal pemasaran.

Menurut Dr. Mahdi, Ph.D selaku Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Andalas ’’ada sesuatu yang menarik dari pembahasan ini, ketika negara Indonesia bergerak dari pertanian subsisten menuju pertanian komersil, ternyata negara Jepang malah sebaliknya yaitu bergerak dari pertanian komersil ke pertanian subsisten’’. Model ini dapat bermanfaat untuk memastikan pangan keluarga tersedia, masih segar, bebas pengawet dan residu pestisida, ketersediaan yang cukup, mudah diperoleh, aman dikonsumsi serta harga yang terjangkau. Sehingga ketahanan pangan keluarga dapat terjamin, apalagi ketahanan pangan merupakan urusan wajib dan strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Dari negara Jepang kita belajar bahwa kerja keras, disiplin, kesungguhan, sistem yang baik  serta dukungan yang kuat dari pemerintah mampu membuat petani menjadi lebih sejahtera dan pertanian dari sebuah negara menjadi lebih maju.

Report By : SKE

Ikatan Alumni (IKA) Sosial Ekonomi mengadakan Talkshow interaktif seputar persiapan karir dan peluang kerja zaman now. Jangan sampai ketinggalan informasi menarik serta ilmunya. Talkshow ini diisi oleh narasumber dari alumni Sosek yang berpengalaman dibidangnya. Terdiri dari Birokrat, Bankers, Akademisi, Entrepreneur, dan Sosial Worker. Catat waktu dan tempatnya pentingnya pada hari Sabtu, 17 Maret 2018 Pukul 08.30 - Selesai. Bertempat di Perpustakaan Lantai 5 Universitas Andalas.

Era Agriculture 4.0. Apa itu? dan bagaimana implikasinya terhadap Pendidikan Agribisnis dan Penyuluhan Pertanian di Fakultas Pertanian?

Akan kita bahas bersama narasumber Prof. Dr. Ir. Rudi Rebriamansyah, M.Sc. pada hari Rabu, 14 Maret 2018.

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Prodi Agribisnis yang sedang melaksanakan proses penulisan tugas akhir (skripsi). Sesuai dengan hasil keputusan Rapat Dewan Dosen Jurusan Sosiai Ekonomi Pertanian Tanggal 9 Januari 2018, dinyatakan bahwa bagi mahasiswa yang akan melaksanakan seminar hasil penelitian, maka bahan seminar hasilnya harus ditambah dengan draft artikel. Format penulisan artikel disesuaikan dengan format artikel dalam Jurnal Agribisnis Kerakyatan yang dapat diperoleh pada bagian tata usaha Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian atau dapat diakses pada website Prodi Agribisnis http://agribisnis.faperta.unand.ac.id/.

Keputusan ini mulai berlaku sejak pengumumuman ini dikeluarkan.

Demikianlah pengumuman ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Silahkan Download

PEDOMAN PENULISAN JURNAL AGRIBISNIS KERAKYATAN

DOWNLOAD

TEMPLATE JURNAL AGRIBISNIS KERAKYATAN

DOWNLOAD

Berikut adalah Pengumuman daftar usulan nama pembimbing angkatan 2015 Prodi Agribisnis Universitas Andalas

DOWNLOAD

Diumumkan kepada seluruh mahasiswa Program Studi Agribisnis angkatan 2015, bahwa proses pemilihan pembimbing tugas akhir sudah dapat dilakukan pada tanggal 26 Januari 2018 pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Proses pemilihannya dapat diunduh dibawah ini :

UNDUH

Diberitahukan kepada mahasiswa agribisnis angkatan 2015 bahwasannya akan dilakukan simulasi pemilihan pembimbing secara online pada website ini. Diharapkan telah menentukan pembimbing yang akan dipilih. Hanya bisa melakukan pilihan SATU KALI saja. Karena dalam minggu ini akan dilakukan pemilihan pembimbing secara real sesuai pilihan mahasiswanya. Untuk itu diharapkan partisipasinya dalam simulasi ini. Waktu simulasi dimulai hari ini Rabu 24 Januari 2018 pukul 20.00 hingga 25 Januari 2018 pukul 05.00. Terima kasih

 

Link form pembimbing silahkan klik DISINI

11 December 2017

Jakarta, 09 Desember 2017 Tim AVS - SEC terpilih sebagai pemenang utama dari kategori umum Kompetesi INZI Creative Project 2017 dalam rangkaian Konferensi Indonesia Bergizi ke 3. Kompetisi INZI Creative Project merupakan sebuah kompetisi tahunan yang ditujukan untuk memilih gagasan/ide kreatif anak bangsa yang berkaitan dengan peningkatan gizi di masyarakat. Melalui tema “Inovasi Ide Wirausaha Sosial Berbasis Teknologi dalam Peningkatan Gizi di Masyarakat”. Kompetisi INZI Creative Project 2017 diselenggarakan JAPFA Foundation bersama mitra-mitra dan jejaringnya yang tergabung di dalam Konsorsium Indonesia Bergizi. Kompetisi INZI Creative Project ini bertujuan untuk menjawab kompleksitas permasalahan gizi yang terjadi di Indonesia.

Tim AVS – SEC terdiri dari 2 orang anggota yaitu Ibnu Riyadhie Prayanda dan Siti Khairani Elhakim. Keduanya merupakan alumni Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Unand. Saat ini Ibnu sedang menempuh pendidikan S2 pada Prodi Pengelolaan Terpadu Sumberdaya Alam (PTSDA/INRM) Program Pascasarjana Unand. Berbeda dengan Rani yang telah berstatus alumni Pascasarjana Ilmu Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Unand. Untuk aktivitas terkini masing–masing anggota tim terlibat dalam komunitas relawan petani Agricultural Voluntary School Social Entrepreneurship Community (AVS-SEC) salingka kampus yang merupakan binaan dari Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Unand dengan menjalin kemitraan dengan petani yang ada di sekitar kampus. Dengan hadirnya komunitas ini diharapkan dapat membangun hubungan yang sinergi antara semua pihak, baik dari sektor akademisi, praktisi dan masyarakat.

Tim AVS –SEC mengusung tema pengolahan ikan menjadi tepung ikan menggunakan teknologi Protein Booster, dengan judul Fish Flour (F2). Fish Flour bertujuan sebagai upaya kemandirian gizi dan pangan kampung nelayan Pasir Jambak, Sumatera Barat. Fish Flour terpilih dari 176 ide inovasi yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Perkampungan Pasir Jambak berpotensi sebagai destinasi pengembangan kewirausahaan sosial bagi pembangunan ekonomi masyarakat pesisir. Melihat kondisi pemanfaatan ikan yang belum maksimal dan harga jual yang murah di pasar, serta mudah mengalami kemunduran mutu atau masa simpan yang pendek. Maka diproyeksikan dengan mengolahnya menjadi tepung ikan akan menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan bagi nelayan untuk kemandirian dalam peningkatan pendapatan serta memenuhi kebutuhan gizi protein pada ikan.

Program Fish Flour (F2) diisyaratkan tidak hanya sekedar memberikan bantuan alat-alat kebutuhan kepada masyarakat yang ingin dibantu. Tetapi juga memberikan penyadaran dan pemahaman untuk dapat memanfaatkan potensi sumberdaya yang ada di pesisir secara optimal. Kemudian memberikan penyadaran (brainstorming) kepada semua pihak tentang potensi perikanan hingga siap dipasarkan (marketing). Akhir dari program ini dapat dilihat dari perubahan masyarakat secara nyata, dari segi perubahan mindset untuk secara mandiri meningkatnya ekonomi yang berkesinambungan (sustainable). Tidak hanya sampai disitu saja. Dalam program ini diharapkan dapat berkontribusi secara berkelanjutan bagi pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat secara luas.

 

Link Terkait : http://www.beritasatu.com/nasional/467703-inzi-creative-project-2017-hasilkan-2-pemenang-utama.html

Report By:

IR - Admin

15 November 2017

Program Studi Agribisnis mewisudakan 45 mahasiswanya. Berikut nama-nama Wisudawan/ti Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andalas :

No

No. BP

Nama Wisudawan

Prediket Lulus

Judul Skirpsi

Alamat Email

 
 

1

 1310221018

Johannes Hutapea

Dengan Pujian

Analisis Pemetaan  Budaya Organisasi Menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (Ocai) Di Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (Lkm-A) Saiyo Sakato Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan  Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

2

 1310222018

Fakhri Muslim

Sangat Memuaskan

Analisis Risiko Produksi dan Risiko Harga Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) di Kabupaten Solok

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

3

 1310221040

Titi Farma

Sangat Memuaskan

Evaluasi Implementasi Program Nagari Model Kakao di Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

4

 1310222008

Friska Edmi Meidia Sari

Sangat Memuaskan

Penerapan Teknologi Peremajaan Kelapa Sawit di Plasma I PIR BUN OPHIR Kabupaten Pasaman Barat

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

5

 1310221063

Muhammad Hanafi

Sangat Memuaskan

Analisis Usaha Kerupuk Kamang Binaan Program IbM Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan Non Binaan di Kecamatan Kamang Magek Kabuapaten Agam

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

6

 1310221007

Adeni Sukma

Sangat Memuaskan

Analisis Strategi Bertahan Hidup Petani Karet Saat Terjadi Penurunan Harga Karet di Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

7

 1310221038

Budi Ananda Putra

Sangat Memuaskan

Partisipasi Petani Plasma Dalam Kegiatan Peremajaan Kelapa Sawit Eks Pola PIR BUN Di Koperasi Perkebunan Sawit Perintis PIR BUN OPHIR Pasaman Barat

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

8

 1310221036

Juhasmi

Sangat Memuaskan

Valuasi Ekonomi Multifungsi Lahan Sawah (Lahan Sawah di Kelurahan Koto Lua, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat)

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

9

 1310221011

Muthia Fadhilah

Sangat Memuaskan

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan Sawah Ke Non Pertanian Di Kecamatan Kuranji Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

10

 1310221030

Mia Melina

Sangat Memuaskan

Analisis Pengelolaan Koperasi Unit Desa Murni Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

11

 1310221056

Rahmad Sabri

Sangat Memuaskan

Analisis Ekonomi Rumah Tangga Petani Padi Organik Pada Perkumpulan Petani Organik Sariak Alahan Tigo (PPO Santiago) Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

12

 1310221065

Khazanatul Ilmi

Sangat Memuaskan

Persepsi Nasabah Terhadap Efektivitas Sistem Pembiayaan LKM-A Saiyo Sakato Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

13

 1010222045

Rahmi Putri Zam

Memuaskan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembalian Dana PUAP Pada Gapoktan Pulai Sepakat Di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

14

 1010221027

Yogi Deam Anggara

Memuaskan

Analisis Peran Koperasi Solok Radjo dalam Produksi dan Pemasaran Biji Kopi (greenbean) Petani Anggota dan Petani Binaan di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

15

 1010223011

Indra Hari Saputra

Memuaskan

Analisis Kelayakan Usahatani Kentang Merah (Solanum tuberosum var. Desiree) Di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

16

 1310221017

Khairatul Nisa

Sangat Memuaskan

Analisis Rantai Nilai Kayu Kelapa Olahan Di Kampung Sagik Kanagarian Limau Puruik Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

17

 1310221052

Mutiara

Sangat Memuaskan

Analisis Kelayakan Finansial Pengolahan Gambir dengan Menggunakan Sistem Dongkrak di Nagari Siguntur Tua Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

18

 1210221014

Hendra Ekonedi

Sangat Memuaskan

Analisis Pendapatan Pengolahan Pinang Iris di Nagari Tungkar Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota 

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

19

 1310221015

Lady Chania

Sangat Memuaskan

Analisis Perbandingan Usahatani Padi Organik dan Padi Anorganik di Nagari Sariak Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

20

 1110223048

Fadillah Eka Chairat

Memuaskan

Peran Penyuluh Dalam Proses Pembelajaran Padi Organik Di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

21

 1010223027

Siti Sharah Andriyetni

Memuaskan

Dinamika Kelompok Pada Kelompok Tani Sadar Gawan Di Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Kota Solok

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

22

 1010222023

Amira Putri

Memuaskan

Analisis Pemanfaatan Kredit Bantuan Langsung Masyarakat Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (BLM-PUAP) Oleh Petani Singkong ( Studi Kasus : LKM-A Semoga Jaya Gapoktan Rampak Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman)

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

23

 1310221006

Indah Permata Sari

Sangat Memuaskan

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Beras Merah Organik Pada RMU Penggilingan Padi Organik Di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

24

 1310221034

Yulia Armila

Sangat Memuaskan

Analisis Usaha Sayuran Hidroponik Greenguru_Hydroponics Di Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

25

 1010221016

Rahayu Zulmi

Memuaskan

Analisis Usahatani Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) pada Usaha Berkat Yakin di Kelurahan Kuranji Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

26

 1010223035

Esti Prihatiningsih

Memuaskan

Analisis Perilaku Konsumen Minyak Goreng Arrow PT. Perindustrian dan Perniagaan Lembah Krya Di Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

27

 1010223031

Ryan Aidil Fajri

Memuaskan

Analisis Usaha Kue Bawang Iris Usaha Murni Di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

28

 1210223030

Ester Marsela Waruwu

Sangat Memuaskan

Analisis Risiko Usahatani Bawang Merah (Allium ascalonium L.) Di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

29

 1210222022

Ryan Aulia

Sangat Memuaskan

Analisis Komoditi Pertanian Unggulan Di Kabupaten Sijunjung (Pendekatan Location Quotient Dan Shift Share Analysis)

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

30

 1310221042

Rozita Mayang Sari

Sangat Memuaskan

Analisis Tataniaga Tembakau Varietas Rudau Teleng Dari Kecamatan Bukit Barisan Kabupaten 50 Kota

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

31

 1210223080

Ana Frensiska

Sangat Memuaskan

Dinamika Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

32

 1310221027

Ressa Octavianti

Sangat Memuaskan

Analisis Keberlanjutan Koperasi Unit Desa Murni Nan XX Lubuk Begalung Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

33

 1310222029

Ucu Sarah

Sangat Memuaskan

Analisis Distribusi Nilai Tambah Pengolahan Arang Tempurung Kelapa Menjadi Briket Arang pada PT. Bara Agung Semesta

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

34

 1310221055

Suriani Putri

Sangat Memuaskan

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kekuatan Tawar Petani gambir di Kenagarian Siguntur Tua Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

35

 1310221048

Foni Legita

Sangat Memuaskan

Persepsi Petani Terhadap Program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

36

 1210223063

Ainul Mardiyah

Sangat Memuaskan

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Roti Finna Bakery di Kota Padang

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

37

 1110223017

Ghea Aprisya Subari

Memuaskan

Strategi Pengembangan Pupuk Organik Angkasa ( Studi Kasus CV. Arpindo Perkasa ) Jorong Balai Kenagarian Pilubang Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

38

 1110221024

Rice Fatmasari

Memuaskan

Kajian Prospek Pengembangan Agroindustri Pisang di Kecamatan SIkakap Kabupaten Kepulauan Mentawai

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

39

 1010222014

Sya'ban Pratama Vadli

Memuaskan

Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Sektor Pertanian Kabupaten Pasaman Barat

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

40

 1010223034

Randi Trio Putra

Memuaskan

Analisis Penerapan Good Agriculture Practices (GAP) Pada Komoditas Bawang Merah (Studi Kasus : Kelompok Tani Subur Di Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok)

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

41

 1110223046

Tio Marcell

Memuaskan

Respon Petani Terhadap Program Pencetakan Sawah Baru di Jorong Liki Nagari Lubuk Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

42

 1310221014

Ika Nocifera

Sangat Memuaskan

Analisis Tataniaga Kelapa di Nagari Limau Puruik Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

43

 1310221022

Aviaska Lubis

Sangat Memuaskan

Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Adopsi Pengendalian Hama Terpadu Pada Program Nagari Model Kakao Di Nagari Salayo Kecamatan Kubung Kabupaten Solok

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

44

 1310221029

Ayu Utami

Sangat Memuaskan

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Industri Briket Arang Tempurung Kelapa Pada PT. Ampalu Sukses Mandiri Di Kota Pariaman

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

45

 1310222009

Benny Kurniawan

Sangat Memuaskan

Analisis Dampak Ekonomi Program Pencetakan Sawah Baru di Jorong I Siguhung Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

Untuk pelaksanaan dan persyaratan Wisuda IV Tahun 2017 dapat diunduh file dibawah ini

Statistik Kunjungan

544127
Today
This Week
This Month
All days
281
993
5411
544127