Berikut ini diumumkan daftar hasil pemilihan pembimbing skripsi untuk mahasiswa Prodi Agribisnis Angkatan 2016. Untuk tahap selanjutnya masing-masing mahasiswa sudah dapat mengontak dosen pembimbing masing-masing untuk diskusi terkait pemilihan topik dan judul untuk skripsinya sesuai dengan SOP bimbingan skripsi (http://agribisnis.faperta.unand.ac.id/akademik/dokumen-akademik/sop/211-bimbingan-skripsi). Diskusi dengan pembimbing skripsi akan terkait langsung dengan mata kuliah metodologi penelitian sosial ekonomi, dan diharapkan pada akhir perkuliahan semester genap 2018/2019 semua mahasiswa angkatan 2016 telah menyelesaikan seminar proposalnya. Demikian pengumuman ini dibuat, untuk dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Terimakasih
14 January 2019
Dalam rangka menjalin silaturahmi antara civitas akademika dengan keluarga dosen dan tenaga Kependidikan, Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Andalas mengadakan kegiatan Family Gathering. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 12 Januari 2019 hingga 13 Januari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan Jurusan Sosek beserta keluarganya masing-masing. Kegiatan pada hari pertama dimulai dengan kunjungan ke Istano Pagaruyuang Batu Sangkar, kemudian dilanjutkan kunjungan ke Panorama Tabek Patah, Agroindustri Kopi Kiniko Batu Sangkar dan ditutup di Lembah Harau dengan malam keakraban. Pada hari kedua, acara dimulai dengan jalan santai mengelilingi Panorama Lembah Harau dan diakhiri dengan aktivitas bebas menikmati fasilitas wisata yang ada di Komplek Wisata Lembah harau tersebut. Melalui acara ini diharapkan jalinan silaturahmi Keluarga Besar Jurusan Sosek terjalin semakin erat dan akrab.
Berikut ini diberitahukan jadwal Ujian Remedial Semester Ganjil 2018/2019

Diberitahukan Kepada Mahasiswa Prodi Agribisnis Angkatan 2016 Untuk dapat melakukan pemilihan pembimbing skripsi sesuai dengan proses yang tertera pada lampiran ini. 

 

Proses uji coba dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2019.

Dan Pemilihan akan dilakukan pada tanggal 9 Januari 2019 mulai pukul 05.00 WIB hingga 12.00 WIB. 

 

Demikian disampaikan. Terimakasih

 

ttd

Ketua Prodi Agribisnis

 

Dengan ini diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Program Studi Agribisnis Angkatan 2015 yang telah melakukan pendaftaran Magang untuk Semester Ganjil 2018/2019, daftar instansi magang dan pembimbing per masing-masing instansi dapat dilihat pada lampiran pengumuman ini.  Bersama ini juga dilampirkan buku panduan magang sebagai pedoman bagi masing-masing mahasiswa dalam merancang proposal kegiatan magang. Proses pembimbingan proposal magang sudah dapat dilakukan mulai hari ini sampai tanggal 31 Desember 2018 atau sebelum keberangkatan ke lokasi magang masing-masing dengan menghubungi dosen pembimbing yang telah tertera pada daftar lampiran ini. 

Demikian disampaikan untuk dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Terimakasih. 

 

Ketua Prodi Agribisnis

ttd

Dr. Zednita Azriani, SP.M.Si

16 November 2018

Dunia internet dan teknologi yang akrab disebut Revolusi Industry 4.0 sepertinya tak pandang buluh untuk menjarah berbagai kalangan di Indonesia. Bukti nyata pengaruh dari Revolusi Industri 4.0 adalah semakin masifnya perdagangan menggunakan media internet yang diikuti dengan kreativitas dan inovasi menarik oleh pelaku usaha. Hal ini tentu menjadi kesulitan tersendiri bagi pedagang yang masih belum melek dengan teknologi internet dan kreativitas yang minim untuk komersialisasi produk usahanya.

Universitas Andalas (Unand) dengan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki kewajiban salah satunya untuk pengabdian kepada masyarakat, menilai situasi ini menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Terutama pada masyarakat di sekitar kampus Unand. Untuk menjalankan fungsi Tri Dharma tersebut, Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian pada tahun 2018 ini melaksanakan kegiatan “Pelatihan dan Pembinaan Komersialisasi Produk Usaha Mikro Agribisnis Kecamatan Pauh Kota Padang Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pengabdian masyarakat dalam rangka hilirisasi hasil riset dalam bidang pertanian dan meningkatkan pangsa pasar produk Usaha Mikro Agribisnis dalam era digital dan internet Revolusi Industri 4.0.

Sebelum melaksanakan pelatihan Program Studi Agribisnis telah melakukan survey untuk mengetahui keadaan Usaha Mikro Agribisnis di sekitar kampus Unand dan diperoleh beberapa informasi yaitu, rata-rata Usaha Mikro Agribisnis yang tedapat di Kecamatan Pauh belum memiliki izin usaha, pemasaran produk usahanya masih disekitar wilayah usaha, kualitas produk yang dihasilkan tergolong kepada rasa yang enak, namun tampilan kurang menarik, produksi yang masih cukup untuk memenuhi pesanan pelanggan loyal saja dan belum tampak usaha untuk memasarkan produk lebih luas.

Kemudian Program Studi Agribisnis mengundang 30 Usaha Mikro Agribisnis yang ada disekitar kampus Unand untuk menjadi peserta pada Pelatihan Komersialisasi Produk dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0. Pelatihan ini dilakukan melalui beberapa kegiatan diantaranya penyuluhan mengenai konsep manajemen usaha dan pemasaran era Revolusi Industri 4.0 yang diisi oleh narasumber Prof. DR. Rudi Febriamansyah yang merupakan salah satu dosen pada Program Studi Agribsinis. Selanjutnya peserta memperoleh materi tentang komersialisasi produk, perbaikan kemasan dan merek  yang disampaikan oleh Direktur Minang Mart Sumatera Barat Bapak Syaiful Bakhri, SP. Dan materi ketiga tentang proses digitalisasi pemasaran era Revolusi Industri 4.0 melalui media sosial, website dan media lainnya yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Syukur, S.Si yang merupakan seorang Internet Marketer dan Koordinator Padang Berdaya. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta dapat memperbaiki manajemen usaha, kualitas produk, memperluas pangsa pasar, meningkatkan pendapatan, dan membuka lapangan pekerjaan baru.

 

Direktur Minang Mart Sumatera Barat, Bapak Syaiful Bakhri, SP mengatakan bahwa Kecenderungan produk Usaha Mikro Agribisnis yang ada di Sumatera Barat adalah Memiliki rasa yang enak, pas dengan lidah, rapuh dan gurih, dan cenderung menarik minat pembeli untuk membeli kembali setelah mencobanya.

”Meskipun enak, produk usaha mikro tersebut memiliki kelemahan dalam kemasan, tidak terdaftar pada sebagai usaha mikro, tidak memiliki merek yang menarik, tidak memiliki jaringan pemasaran yang luas,” katanya.

Usaha mikro yang ada di sekitar wilayah kampus cukup mumpuni, tetapi belum mampu mengikat konsumen kalangan menengah ke atas, padahal usaha mikro tersebut memiliki peluang pasar yang besar bahkan dapat dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatere Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 27 usaha mikro agribisnis di Kecamatan Pauh dan dihadiri juga oleh Dosen Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dan mahasiswa Program Studi Agribsinis. Pada kegiatan ini juga dilakukan bazar produk untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, serta melakukan evaluasi terhadap kemasan yang telah ada. Untuk program pengabdian ini akan dilanjutkan dengan pendampingan kepada Usaha Mikro Agribisnis yang telah mengikuti pelatihan untuk memperbaiki kemasan dan memastikan bahwa komersialisasi produk dengan digital dan internet terlaksana dengan baik.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Berbasis Program Studi ibu Rika Hariance, SP.M.Si, mengatakan bahwa manfaat nyata yang langsung dapat dirasakan oleh Usaha Mikro Agribisnis yang mengikuti kegiatan ini adalah peserta mendapat masukkan langsung tentang kemasan produk dari Direktur Minang Mart dan produk yang dijual pada Bazar mendapat respon positif dari pengunjung dan habis terjual, serta diperolehnya jaringan pemasaran dengan Minang Mart dan Padang Berdaya. Selanjtutnya beliau berharap kegiatan ini tetap berlanjut dengan dukungan dari Universitas Andalas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Andalas. 

19 November 2018

Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan pada Program Studi Agribisnis khususnya dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian pada umumnya, maka Program Studi Agribisnis terus berupaya untuk mengundang berbagai pakar ilmu pengetahuan di bidang agribisnis, sosial ekonomi dan pertanian umumnya untuk memberikan kuliah umum kepada civitas akademika yang ada pada lingkungan Program Studi Agribisnis. Salah satunya adalah kehadiran Dr. Symone Mynard dari Australian National University. Kehadiran beliau di Program Studi Agribisnis berbicara tentang jasa lingkungan dalam aktivitas pertanian di Australlia. Beliau memaparkan kepada mahasiswa dan dosen yang hadir di ruangan sidang Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Andalas bahwa jasa lingkungan memiliki peran yang cukup besar agar setiap elemen masyarakat yang ada memiliki keinginan yang besar untuk menjaga lingkungannya. 

Ikatan Alumni (IKA) Sosial Ekonomi mengadakan Talkshow interaktif seputar persiapan karir dan peluang kerja zaman now. Jangan sampai ketinggalan informasi menarik serta ilmunya. Talkshow ini diisi oleh narasumber dari alumni Sosek yang berpengalaman dibidangnya. Terdiri dari Birokrat, Bankers, Akademisi, Entrepreneur, dan Sosial Worker. Catat waktu dan tempatnya pentingnya pada hari Sabtu, 17 Maret 2018 Pukul 08.30 - Selesai. Bertempat di Perpustakaan Lantai 5 Universitas Andalas.

Era Agriculture 4.0. Apa itu? dan bagaimana implikasinya terhadap Pendidikan Agribisnis dan Penyuluhan Pertanian di Fakultas Pertanian?

Akan kita bahas bersama narasumber Prof. Dr. Ir. Rudi Rebriamansyah, M.Sc. pada hari Rabu, 14 Maret 2018.

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Prodi Agribisnis yang sedang melaksanakan proses penulisan tugas akhir (skripsi). Sesuai dengan hasil keputusan Rapat Dewan Dosen Jurusan Sosiai Ekonomi Pertanian Tanggal 9 Januari 2018, dinyatakan bahwa bagi mahasiswa yang akan melaksanakan seminar hasil penelitian, maka bahan seminar hasilnya harus ditambah dengan draft artikel. Format penulisan artikel disesuaikan dengan format artikel dalam Jurnal Agribisnis Kerakyatan yang dapat diperoleh pada bagian tata usaha Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian atau dapat diakses pada website Prodi Agribisnis http://agribisnis.faperta.unand.ac.id/.

Keputusan ini mulai berlaku sejak pengumumuman ini dikeluarkan.

Demikianlah pengumuman ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Silahkan Download

PEDOMAN PENULISAN JURNAL AGRIBISNIS KERAKYATAN

DOWNLOAD

TEMPLATE JURNAL AGRIBISNIS KERAKYATAN

DOWNLOAD

Statistik Kunjungan

555412
Today
This Week
This Month
All days
89
693
10371
555412